Membuat Daftar Prospek, Cara Cerdas Mendapat Tautan dan Traffic Pengunjung

Sedang berusaha mendapat tautan dan traffic pengunjung dari blog yang sudah mapan? Ingin mempromosikan konten atau bisnis anda? Berpikir bahwa anda berhak mendapat audience yang lebih banyak dengan kualitas konten yang anda miliki? Atau mungkin ingin memperoleh penghasilan dari bisnis online dan mendapat referal sebanyak mungkin?

Namun anda merasa tidak bisa membuat siapapun mereferensikan, mempengaruhi dan membuat tautan kepada anda. Para blogger mengabaikan pesan anda dan tidak membalasnya.

Anda pikir mereka terlalu sibuk, anda merasa konten serta tawaran yang diberikan tidaklah sehebat yang anda duga.

Pernahkah terpikir bahwa anda sebetulnya bisa mendapat hasil yang jauh lebih baik jika saja memiliki hubungan yang dekat dan bersifat pribadi dengan blogger yang bersangkutan.

Tidak sulit mendapat tautan jika anda betul-betul memiliki sesuatu yang relevan dan menarik. Juga akan jauh lebih mudah mendapat rekomendasi jika anda pernah membuat kontak dan/atau hubungan yang lebih dekat dengan blogger tersebut.

Ada artikel tentang cara tepat mendekati jurnalis ( the proper way to stalk a journalist) oleh John Jantsch:

You know you need to get your story told in the media, but you can't seem to get anyone interested. The problem is you need to look at journalists as a target market - you need to get them to know, like and trust you just like you would a customer.

Here's the thing, if you can prove yourself a reliable resource for a journalist you will be looked upon as a friend, until then, you're just a pest to an overworked, often underpaid, reporter.

Anda perlu mendekati blogger dan membuat daftar blogger yang memiliki kemungkinan tertarik, anda pantau tulisannya dan berlangganan atau mengomentari blog mereka sambil secara sistematis mengangkat konten berkualitas anda yang berkaitan dengan artikel yang mereka tulis.

Sekarang saya akan memaparkan tentang mengapa dan bagaimana membuat daftar prospek para blogger dan menggunakannya untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan.

Membuat Daftar Prospek - Pengantar

Pelaku pemasaran mendefinisikan prospek sebagai calon pelanggan, klien, atau pembeli. Prospek yang bernilai biasanya dicirikan melalui kesetiaan, daya beli atau tingkat ketertarikannya terhadap suatu produk atau jasa.

Saat anda mempromosikan situs anda pada komunitas blogger, anda harus mencari prospek yang mampu mengembangkan «merek» anda sekaligus dapat menghasilkan targeted traffic. Berhubung membangun prospek biasanya memerlukan upaya yang melelahkan, saya sarankan untuk melakukannya hanya pada sekelompok blogger sebagai kelompok utama, masing-masing memiliki lingkaran pengaruh yang sudah mapan.

Daripada mengincar banyak blogger, lebih baik fokus pada sedikit saja tapi yang memiliki pengaruh besar. Anda tidak bisa menyenangkan semua orang, itu sudah pasti mustahil, tapi anda bisa mendapatkan hati sedikit blogger. Biar mereka ini yang merekomendasikan anda pada para audience-nya.

Ini jauh lebih mudah, apalagi bila anda betul-betul «anak baru».

Bagaimana Cara Membuat Daftar Prospek?

Ambil beberapa kata kunci (keyword) untuk website atau segmen anda dan lakukan pencarian di Technorati, yang akan memberikan hasil pencarian berdasarkan Technorati authority.

Authority ini merupakan indikasi secara garis besar atas popularitas blog, yang ditentukan melalui jumlah tautan yang diterima dari blog lainnya. Berikut ini adalah contoh hasil pencarian untuk marketing dan web design.

Alternatif lainnya adalah menggunakan daftar peringkat berdasar faktor tertentu seperti Alexa. Anda juga bisa blogwalking di komunitas blog seperti MyBlogLog, Bumpzee, atau BlogCatalog. Carilah blogger yang aktif dengan reputasi kuat.

Setelah anda membuat daftar blog, berlanggananlah melalui RSS feed blog-blog tersebut. Saya sarankan anda menyimpannya pada folder khusus pada feed reader yang anda gunakan, atau manfaatkan halaman muka (start page) untuk mengorganisir prospek anda. Untuk yang terakhir ini, tulisan lengkapnya di bawah.

Kenapa Anda Harus Membuat Daftar Prospek Blogger?

Pertama, untuk secara bertahap membuat blogger tersebut mengirimkan anda qualified traffic atau merekomendasikan anda pada para audience-nya, ini penting untuk mengembangkan bisnis, maupun image pribadi anda.

Daftar prospek adalah sistem yang diarahkan untuk membantu anda dalam rangka mendapat respon yang diharapkan dari blogger yang masuk pada daftar tersebut. Anda dapat menilai waktu dan energi yang dikeluarkan pada masing-masing prospek.

Kedua, saling berbalas ( reciprocation). Seseorang membantu anda karena anda pernah membantu dia.

Reciprocation ini adalah aspek dasar dari budaya dan masyarakat. Terlihat pada semua jenis hubungan antar manusia. Kita melakukan sesuatu untuk orang lain dengan harapan (disadari ataupun tidak) bahwa seseorang akan membantu kita di masa yang akan datang.

Sekilas tentang rule of reciprocity:

This rule requires that one person try to repay what another person has provided. By obligating the recipient to an act of repayment in the future–the rule for reciprocation allows one individual to give something to another with the confidence that it is not being lost.

The decision to comply with someone's request is frequently based upon the Rule of Reciprocity. Again, a possible and profitable tactic to gain probable compliance would be to give something to someone before asking for a favor in return.

Membuat daftar prospek membantu anda secara sistematis mencatat dan membalas tindakan yang pernah dilakukan untuk anda. Ini diarahkan untuk meningkatkan kualitas hubungan menjadi lebih baik.

Daftar ini membantu anda untuk secara bertahap mengubah seorang regular blogger menjadi teman dan aset masa depan yang dapat mengangkat bisnis/website anda.

sumber : http://www.fundkitchen.com/2007/12/membuat-daftar-prospek-cara-cerdas-mendapat-tautan-dan-traffic-pengunjung/

Comments

Popular Posts